widget04
Sertifikat Kursus Paket Ramadhan 1437
June 17, 2016
BROSUR KECIL ramadhan
Kursus Mahir Bahasa Arab dimulai Tanggal 5 September 2016
August 19, 2016

Kursus Mahir Bahasa Arab Ramadhan 1437 H Sukses

widget03

Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang adalah salah satu unit dari sekian banyak unit yang berada di kampus UIN Malang, ia bertugas untuk mengembangkan sekaligus mengatur proses pembelajaran bahasa Arab  dan Inggris untuk mahasiswa UIN Malang.

Seiring dengan besarnya minat masyarakat untuk mempelajari bahasa Arab  maupun bahasa Inggris di kampus ini, maka PPB UIN Malang merespon kebutuhan dengan mendirikan kursus mahir bahasa Arab  yang diperuntukkan khalayak umum.

Pada bulan Ramadhan 1437 hijriyah yang bertepatan dengan bulan juni 2016, PPB Uin malang untuk pertama kalinya mengadakan kursus mahir bahasa arab untuk khalayak umum. Kursus yang semula diadakan selama 2 minggu menjadi 1 minggu atas kesepakatan peserta dan mentor, yaitu tanggal 11-16. Kursus ini  diikuti oleh 8 peserta yang terdiri dari siswa sma/Man, mahasiswa dan umum. Pada kursus kali ini, semua peserta mengikuti program idady, yaitu program dasar diperuntukkan bagi mereka yang belum pernah mengenal atau masih kurang menguasai dasar-dasar bahasa arab.

Kompetensi bahasa, mendengar, berbicara, membaca dan menulis ditingkatkan dengan pembelajaran yang komprehensif di kursus ini. pembelajaran dimulai dengan penyampaian tata bahasa praktis selama 1 jam dan langsung dilanjutkan dengan praktik dari teori tersebut, baik berupa percakapan atau pun narasi.

Setelah 20 pertemuan, semua peserta mengikuti ujian ketrampilan berbicara dan menulis, untuk mengukur kemampuan mereka. Ujian ini sama dengan tes untuk masuk level mubtadik. Setelah lebaran, tim kursus bahasa berencana mengadakan kursus lanjutan, dengan level mubtadik, mutawasssid dan mutaqoddim.

Banyak keunggulan dari kursus ini, salah satunya adalah pengajar yang ahli dan berpengalaman dalam pembelajaran bahasa, hampir seluruh mentornya adalah dosen bahasa Arab  dan lulusan luar negeri. Selain itu metode yang digunakan adalah metode ganda, yaitu sebuah metode yang mengabunggkan antara metode salaf (kuno) dan kholaf (modern), menghasilkan sebuah paduan metode pembelajaran bahasa Arab  yang luar biasa, mudah, cepat, dan menyenangkan. Kursus ini berorientasi peserta dapat mempelajari bahasa Arab  dengan cara seefektif dan semudah mungkin.

 

Kursus mahir bahasa Arab  ini mempunyai beberapa program yang disesuaikan dengan kemampuan peserta. Yaitu muhadasah yang terdiri dari 3 jenjang yaitu: idad (2 minggu) bagi peserta yang belum pernah belajar bahasa Arab, mubtadi’ (1 bulan) bagi pemula, mutawassith (1 bulan) bagi peserta tingkat menengah. Sedangkan program qowaid terdiri dari 2 jenjang: mutaqoddim (1 bulan) bagi peserta tingkat lanjut, dan mutamayyiz (1 bulan) bagi peserta tingkat mahir. Setiap jenjang akan didahului dengan tes kompetensi, kecuali tingkat idadi, untuk mengetahui kesiapan calon peserta terhadap jenjang yang dipilih. (samuel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *