• SELAYANG PANDANG

Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang adalah salah satu unit dari sekian banyak unit yang berada di kampus UIN Malang, ia bertugas untuk mengembangkan sekaligus mengatur proses pembelajaran bahasa Arab  dan Inggris untuk mahasiswa UIN Malang.

 

Seiring dengan besarnya minat masyarakat untuk mempelajari bahasa Arab, bahasa Inggris maupun Mandarin di kampus ini, maka PPB UIN Malang merespon kebutuhan dengan mendirikan kursus mahir bahasa Arab dan Mandarin yang diperuntukkan khalayak umum.

 

Banyak keunggulan dari kursus ini, untuk kursus bahasa Arab, pengajar yang ahli dan berpengalaman dalam pembelajaran bahasa Arab, hampir seluruh mentornya adalah dosen bahasa Arab  dan lulusan luar negeri. Selain itu metode yang digunakan adalah metode ganda, yaitu sebuah metode yang mengabungkan antara metode salaf (kuno) dan kholaf (modern), menghasilkan sebuah paduan metode pembelajaran bahasa Arab  yang luar biasa, mudah, cepat, dan menyenangkan. Kursus ini berorientasi peserta dapat mempelajari bahasa Arab  dengan cara se-efektif dan semudah mungkin.

 

Kursus mahir bahasa Arab  ini mempunyai beberapa program yang disesuaikan dengan kemampuan peserta. Yaitu muhadasah yang terdiri dari 3 jenjang yaitu: idad (2 minggu) bagi peserta yang belum pernah belajar bahasa Arab, mubtadi’ (1 bulan) bagi pemula, mutawassith (1 bulan) bagi peserta tingkat menengah. Sedangkan program qowaid terdiri dari 2 jenjang: mutaqoddim (1 bulan) bagi peserta tingkat lanjut, dan mutamayyiz (1 bulan) bagi peserta tingkat mahir. Setiap jenjang akan didahului dengan tes kompetensi, kecuali tingkat idadi, untuk mengetahui kesiapan calon peserta terhadap jenjang yang dipilih.

 

  • DASAR PEMIKIRAN

Bahasa Arab  merupakan bahasa agama Islam, bahasa Al-Qur’an dan Hadits, bahasa ibadah juga bahasa internasional, maka sudah selayaknya umat Islam untuk mempelajari dan menguasainya. Al-Qur’an, Hadits dan berbagai kitab-kitab sumber pengetahuan Islam ditulis dengan bahasa Arab. Untuk mencapai pemahaman yang sempurna terhadap keilmuan Islam itu, maka harus menguasai terlebih dulu bahasa Arab sebagai alat dan kuncinya.

 

Firman Allah SWT. “Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab , agar kamu memahaminya” (QS: 12;2) dan hadits Rosulullah SAW. “Belajarlah kalian bahasa Arab  dan ajarkan kepada manusia”.

 

  • TUJUAN

Meningkatkan ketrampilan bahasa Arab (mendengar, berbicara, membaca dan menulis), baik untuk memahami Al-Qur’an, hadits serta memahami literatur keilmuan Islam lainnya dan juga berkomunikasi aktif maupun pasif dengan bahasa Arab.

 

  • VISI & MISI
  • Visi : Menjadi kursus di garda depan untuk memajukan bahasa Arab
  • Misi : Mensyiarkan bahasa Arab untuk kejayaan Islam