Who we are?

Sejarah Singkat

Lahirnya Pusat Pengembangan Bahasa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diawali dengan lahirnya Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) tahun 1997, dan Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI) pada tahun 2000.

Pendirian PKPBA dan PKPBI didasari pada keprihatinan atas rendahnya kemampuan berbahasa Arab dan berbahasa Inggris para mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi Islam. Kemampuan penguasaan terhadap bahasa Arab dan Inggris dianggap hal penting yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi, serta banyaknya mahasiswa Asing di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka pada tahun 2016 dibentuklah beberapa unit bahasa lain yaitu Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dan Chinnes Language and Culture Center (CLCC).

Sejak saat itu, Pusat Pengembangan Bahasa membawahi empat pelayanan pembelajaran bahasa yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dan Bahasa Mandarin.

Visi

Menjadi pusat pengembangan Bahasa terdepan dalam menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penerjemahan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Misi

1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Asing bagi civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan masyarakat umum.
2. Memberikan pelatihan bahasa Asing kepada civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan masyarakat umum.
3. Memberikan pelayanan pengujian dan penerjemahan bahasa Asing kepada civitas akademika UIN Maulana Malik Ibarhim Malang dan masyarakat umum,
4. Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pembelajaran bahasa Asing.
5. Menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa Asing di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan masyarakat umum.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

shadow